Jalan Politik Prabowo yang Berbahaya

sketsa

Prabowo di tengah pendukungnya Prabowo di tengah pendukungnya

PADA akhirnya kubu Prabowo-Hatta memasukkan gugatan terhadap penyelenggaraan pemilihan presiden (Pilpres) 2014 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Walau sudah lama diperkirakan sebagai bagian dari strategi kubu Prabowo-Hatta, langkah tersebut harus diakui merupakan manuver politik yang cerdik. Hanya saja, langkah itu juga dapat menimbulkan konsekuensi serius dan berbahaya bagi masa depan demokrasi. Mengapa?

Pada satu sisi, keputusan kubu Prabowo-Hatta untuk membawa sengketa hasil Pilpres 2014 ke MK patut dipuji. Dalam sistem demokrasi modern yang beradab, satu-satunya jalur penyelesaian konflik kepentingan adalah melalui jalur hukum. Dan dalam sengketa hasil pemilu, baik itu legislatif maupun presiden, jalur itu tersedia lewat forum MK.

Sebagai lembaga negara tertinggi, keputusan MK bersifat mengikat dan final. Artinya, tidak ada instansi hukum lain di atas MK yang dapat “mengadili” hasil keputusan MK itu. Kewibawaan MK yang “absolut” itu dibutuhkan karena persoalan yang ditanganinya bukanlah soal-soal sederhana, tetapi menyangkut dasar-dasar di atas mana negara ini didirikan…

View original post 710 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s