Terasing

hilmanfirdaus

Pondok Saladah, minggu menjelang waktu subuh.

Aku terbangun dari tidur yang tidak nyenyak di dalam tenda yang miring. Saat bangkit, aku mendapati salah satu rekan pendakian sudah duduk di sudut menghadap dinding tenda, menunduk pada sesuatu yang bercahaya. Pada mulanya aku ingin bertanya, tetapi karena sayup terdengar suaranya yang pelan sedang membaca ayat suci Al-Quran, aku mengurungkan niat.

Mendadak aku merasa terasing: di antara 6 orang dalam rombongan ini, rasa-rasanya akulah orang yang paling rendah kadar keagamaannya.

Tapi aku menolak melodramatisasi. Maka aku memutuskan untuk keluar dari tenda, berjalan-jalan di seputaran Pondok Saladah untuk menghangatkan badan di tengah angin fajar yang kencang, yang pada akhirnya membuat aku menyadari dual hal.

Pertama: aku sadar bahwa kejadian itu sebenarnya bukan untuk membuat aku merasa terasing, tapi untuk menyadarkan bahwa aku berada di lingkungan orang-orang baik, yang bisa berdampak baik pula pada diriku. Dengan demikian, Tuhan telah mengabulkan salah satu dari dua doa…

View original post 59 more words

Leave a Reply

