Enaknya Pendidikan di Jerman

自分の物語

Tanggal 6 Juni kemarin tepat 2 hari setelah ulang tahun saya ke 28, saya menghadiri acara pertukaran budaya. Disana bertemu beberapa orang Jerman. Saya pernah mendengar jika pendidikan di Jerman itu murah. Topik inilah yang membuatku penasaran, saya datangi salah satu orang Jerman tersebut, namanya Pascal. Berikut singkat cerita tentang pendidikan di Jerman yang saya dengar dari Pascal.

img_542f8f30c1007a5f2082b97bb0c1077dc689d5f61b4a1

1. Jenjang pendidikan

Jika di Indonesia jenjang SD itu 6 tahun, SMP 3 tahun, dan SMA 3 tahun, di Jerman memiliki sistem jenjang pendidikan yang berbeda. Disana SD 4 tahun, setingkat SMP 2 tahun, dan SMA 3 tahun. Total 9 tahun, bisa saja orang memilih periode 11 tahun, ketika lulus ada keahlian khusus yang didapat, ya bisa dikatakan seperti SMK.

2. Ujian

Tidak ada sistem ujian khusus untuk kelulusan dan untuk masuk jenjang selanjutnya. Jika ujian per mata pelajaran pastinya ada. Semakin baik nilai rapor seseorang, makan peluang untuk diterima di jenjang selanjutnya…

View original post 325 more words

Leave a Reply

